Seragam PNS, dari Zaman Dulu hingga Sekarang

on

Mengapa tidak? Lulus serangkaian tes atau ujian, lalu mengenakan seragam PNS setelah bersaing dengan banyak orang, sudah cukup membuat seseorang merasa senang dan bangga. Dan itupun baru awalnya saja, karena hal yang lebih membuat senang seseorang bisa lulus menjadi PNS adalah kepastian gaji setiap bulan sehingga memudahkan individu dalam perencanaan keuangan, kenaikan gaji tiap tahun, kemungkinan kehilangan pekerjaan kecil, adanya uang tunjangan dan pensiun, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah kamu? Seragam PNS itu sendiri bahkan sempat mengalami beberapa kali perubahan dari tahun ke tahun. Seperti apa perubahannya? Cek yuk.

  1. Dahulu, pegawai pemerintah di Jawa, tepatnya tahun 1930-an wajib menggunakan beskap jawa sebagai seragam kantor. 
  2. Pada masa pemerintahan presiden Soeherto, seragam korpri untuk pertama kalinya diwajibkan bagi pegawai pemerintah sebagai identitas pegawai ASN. Namun, batik korpri masih tetap dipakai hingga kini, tetapi mengalami perubahan warna. Dahulu berwarna kehijauan, kini batik korpri berwarna biru.
  3. PDH Linmas (perlindungan masyarakat) atau yang terkenal dengan sebutan seragam Hansip ini digunakan oleh pegawai pemerintah sekitar tahun 2000-an. Seragam berwarna hijau tua ini sempat digunakan para pegawai pemerintah di samping PDH khaki, dikutip dari PT Sansan Saudaratex Jaya.
  4. Sebagai pengganti seragam Linmas, maka pada tahun 2016 para pegawai diwajibkan menggunakan seragam atasan putih dan bawahannya hitam setiap hari Rabu.
  5. Guru diwajibkan menggunakan seragam batik PGRI setiap hari-hari besar, misalnya pada hari 17 Agustus untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, saat acara-acara resmi atau kegiatan-kegiatan yang terkait dengan organisasi PGRI.
  6. Kini, seragam pegawai pemerintah ada pula yang berwarna khaki tua dan muda. Umumnya, pengunaannya di hari Senin hingga Selasa. Model seragam ini umumnya berupa atasan blazer lengan pendek atau lengan Panjang bagi Wanita berjilbab dengan bawahan celana atau rok.
  7. Pada pelaksanaanya banyak pegawai pemerintah wanita yang bekerja sambal mengandung dan karenanya banyak juga pegawai Wanita yang membutuhkan seragam hamil dengan size bervariasi sesuai penambahan berat badan ibu hamil. Yuk, disorder seragam PNS hamil, klik shopee atau bukalapak atau follow ig kami.

referensi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.