Kebiasaan Supaya Awet Muda

on

Sebuah tulisan berjudul “Apa yang Dilakukan Para Artis Ini Hingga Terlihat Awet Muda?“, menginspirasi saya untuk menuliskan tentang kebiasaan supaya awet muda. Pertanyaannya, siapa sih yang tak ingin awet muda? Semua pengen tentunya, sebab masa-masa muda adalah masa-masa kita lagi enerjik-enerjiinya, produktif, penuh semangat, mimpi dan tentu secara penampilan lebih enak dipandang.

Merawat tubuh dengan berbagai skincare, atau menggunakan kecanggihan teknologi seperti banyak dilakukan para artis tentu bisa memperlambat penuaan. Namun, Allah Maha Adil, sebab tanpa harus ke salon pun atau menggunakan kecanggihan teknologi, manusia bisa mengusahakan tetap awet muda dan sehat melalui cara-cara sederhana , misalnya :

1. Puasa, kebiasaan supaya awet muda

 Sudah bukan rahasia lagi bahwa puasa disebut-sebut sebaga pemicui proses regenarasi sel, sehingga sel-sel yang mati atau rusak diperbarui kembali. Dan karena itulah puasa dikatakan para ahli dapat menyehatkan. Juga, sebagaimana yang dipraktekkan oleh tokoh terkenal Indonesia, Dedy Corbuzier yang mengaplikasikan diet OCD yang merupakan kependekan dari Obsessive Corbuzier’s Diet. Prinsip kerjanya sama dengan puasa, hanya saja puasa puasa dalam diet ini hanya berlaku 6-8 jam saja dan masih diperbolehkan minum asal bukan minuman yang berkalori.

kebiasaan yang bikin awet muda
Pic Transformasi Deddy Corbuzier before after rutin diet OCD

Dikarenakan cara kerjanya sama dengan puasa, maka dampaknya pun sama, yaitu regenerasi sel serta membuat awet muda. Sebab, sebagaimana yang dilansir laman IDNTIMES  berjudul “5 Hal Ini Ternyata Mendorong Proses Regenerasi Tubuh, Gak Nyangka!” bahwa “… puasa dalam jangka waktu panjang menurunkan kadar hormon pertumbuhan yang menyebabkan penuaan, menurunkan perkembangan tumor, serta risiko kanker.”

2. Mengkonsumsi makanan kaya protein

kebiasaan yang bikin awet muda
Pic Ilustrasi makanan berprotein

Kuncinya adalah kolagen. Kolagen merupakan protein pada tubuh yang membentuk struktur pada kulit, tulang, tendon, tulang rawan, jaringan ikat, dan gigi.  Dan makanan yang kaya akan protein merupakan pondasi yang membentuk kolagen. Dengan kata lain, protein membentuk elastisitas pada kulit. Sehingga, semakin berkurang kolagen kulit maka akan semakin berkurang elastisitasnya sehingga menjadi berkerut.

Nah, untuk mempertahankan kolagen pada kulit tentu ada faktor ekternal yang perlu dipertahankan, misalnya mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Dilansir Siloam Hospitals, makanan berprotein yang mengandung kolagen tinggi misalnya ayam, ikan, kacang-kacangan, putih telur, kaldu tulang dan lain sebagainya.

3. Memperbanyak minum air hangat

kebiasaan yang bikin awet muda
Pic Ilustrasi air hangat

Mengutip halodoc tentang manfaat minum air hangat, “Menghambat penuaan merupakan manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air hangat dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari dalam, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Air hangat bekerja dengan memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.”Cukup murah, sederhana dan bisa kamu dapatkan di rumah kan? Jadi, yuk kita biasakan minum air hangat dari sekarang.

4. Berpikir positif

Berpikir positif memang terbukti membuat tubuh lebih sehat karena melepaskan individu dari stress berlebih. Dalam kondisi stress, tentu tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang berbahaya jika diproduksi secara berlebihan karena menyebabkan banyak penyakit. Bukan berarti hormon kortisol tak ada manfaatnya, hanya saja jika berlebih menjadi membahayakan tubuh.

Nah, hubungan positif thinking dan awet muda bisa dijelaskan sebagai berikut ini, sebagaimana dilansir Prima dalam para peneliti di Irlandia menemukan orang-orang yang bersikap optimis terhadap penuaan membantu mereka memiliki fisik yang lebih kuat dan pikiran yang lebih tajam daripada orang-orang yang  memiliki stereotip negatif tentang penuaan. Mereka yang memiliki stereotip negatif tentang penuaan mengalami penurunan yang lebih cepat dalam  aspek kesehatan, kemampuan berpikir hingga kekuatan otot dan kecepatan berjalan.

Dr Deirdre Robertson, masih dilansir laman Prima cara kita berpikir, berbicara dan menulis tentang penuaan akan berdampak langsung pada kesehatan. Jadi, fokuslah pada penuaan yang positif dan jangan pernah mengatakan hal-hal yang menakutkan seperti  saya terlalu tua.

Contoh nyata yang bisa kamu lihat, seperti aktor Jerry Yan pemeran Dao Ming Tse dalam serial drama Taiwan Meteor Garden yang berusia 47 tahun tapi memiliki wajah ibarat anak muda 24 tahun. Coba kamu bandingkan Jerry Yan 24 tahun (kiri) dan Jerry Yan sekarang yang berusia 47 tahun (kanan). Rahasianya, seperti yang dilansir dari laman kaskus berjudul “Apa yang Dilakukan Para Artis Ini Hingga Terlihat Awet Muda?” bahwa sang aktor menjauhkan pikirannya dari berita-berita negatif dengan tidak menggunakan handphone.

kebiasaan yang bikin awet muda
Kolase Jerry Yan 24 dan 47 tahun dari laman kaskus

Nah, terbukti kan pikiran positif membuat kamu lebih awet muda. Terinspirasikah ?  Dalam laman Prima, juga memaparkan penelitian serupa ini yang dilakukan oleh seorang psikolog, Helen Lange dengan memasukkan sekelompok orang lansia 70 tahun yang lemah ke dalam sebuah rumah yang didekorasi dengan gaya lebih dari dua dekade sebelumnya.

Di sana mereka mendengarkan musik masa muda mereka, berpakaian seperti dulu, dan bahkan menonton acara TV zaman mereka muda. Hasilnya, dalam seminggu setelah hidup sebagai diri mereka versi muda , semua peserta menjadi lebih kuat dan lebih fleksibel. Tinggi badan, berat badan, gaya berjalan, postur tubuh, pendengaran, penglihatan – bahkan kinerja mereka dalam tes kecerdasan meningkat. Jari-jari mereka menjadi lebih panjang dan tidak terlalu keriput akibat radang sendi. Kesimpulannya, bukan kondisi fisik yang membatasi kita, melainkan pola pikir kita.

5. Rutin berolahraga

gunawan
Pic Artis Gunawan sudrajat berusia 51 tahun nampak awet muda rahasianya olahraga

Emang iya olahraga membuat orang awet muda? Loh, kenapa tidak? Banyak dari publik figur yang telah membuktikannya. Namun, apakah yang menyebabkan orang yang rutin olahraga lebih awet muda? Alasannya, karena rutin berolahraga dapat menunda proses penuaan.

Roy J. Shephard, dalam laman AFPA, dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa berolahraga dàpat menunda proses penuaan sel dan melindungi individu dari serangan penyakit kronik akibat penuaan. Lebih jauhnya lagi ia menemukan pada orang-orang dengan genetik yang bagus, berolahraga dapat mengurangi penuaan sebanyak 20 tahun. Nah, dengan rajin berolahraga selain kamu menjadi lebih sehat juga membuat lebih penampilanmu lebih muda 20 tahun dari usia sebenarnya. Wah, jadi pengan olahraga nih. 

Ada banyak cara untuk membuatmu lebih awet muda, dari cara mahal sampai cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa pilih salah satu ataupun mengkombinasikannya. Apapun pilihannya, utamakan hidup sehat sebab dengan gaya hidup yang sehat selain menjauhkanmu dari penyakit, tentu kamu lebih awet muda.  

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.