Tidakkk!! Rambut rontok lagi!


Rambut rontok

“Uhh rambut rontok lagi!!” Esok harinya, “Tidaakkk!! Rambut rontok lagi.” Ha..ha..sepertinya ini banyak dikeluhkan para wanita, termasuk anda bukan? Rambut rontok pada wanita dapat terjadi karena diakibatkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini. Check it out!

Pertama, rambut rontok setelah melahirkan bayi

Pada rambut manusia, sebagaimana kuku mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan ini meliputi 2 fase, yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Fase pertumbuhan umumnya berlangsung selama 3 tahun dan sebaliknya pada fase istirahat rambut berada pada folikel yang kemudian akan terdorong oleh pertumbuhan rambut – rambut yang baru. Dapat anda bayangkan, selama fase istirahat yang berlangsung selama 3 bulan rambut lama yang berada di folikel akan mengalami kerontokan yang luar biasa karena terdorong oleh rambut – rambut baru.
Pada wanita pasca melahirkan, terjadi perubahan hormon dimana keberadaan hormon ini memaksa rambut berada pada fase istirahat selama 3 hingga 6 bulan lamanya. Fase istirahat ini, mau tidak mau akan memposisiskan rambut pada folikel dan berimbas pada kerontokan rambut yang luar biasa.

Kedua, rambut rontok karena kekurangan gizi (protein)

Rambut rontok juga diakibatkan oleh kurangnya tingkat keratin pada rambut. Nah, apakah itu keratin? Keratin merupakan zat pada rambut yang memberikan kekuatan pada rambut sehingga rambut rapuh. Darimana keratin dapat anda peroleh? Dari makanan yang banyak mengandung protein seperti ayam, ikan, daging, , telur dan lain sebagainya.

Ketiga, rambut rontok karena miskin zat besi pada menu harian

Penyebab rambut rontok lainnya ialah karena tubuh kekurangan zat besi. Tahukah anda bahwa zat besi dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi akan mempengaruhi siklus normal pertumbuhan rambut sehingga menyebabkan rambut cepat rontok. Makanan sumber zat besi diantaranya ikan, daging merah, kuning telur dan sayuran berwarna hijau tua, serta kacang – kacangan.

Keempat, rambut rontok karena tubuh mengalami trauma

Rambut rontok karena trauma pada tubuh atau fisik dapat diakibatkan karena tubuh mengalami syok dimana ini akan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Jenis syok yang dialami tubuh diantaranya karena kecelakaan, penyakit keras, bahkan flu. Kabar baiknya, hal ini hanya bersifat sementara karena rontok pada rambut akan segera hilang setelah kondisi tubuh kembali normal, tidak lagi mengalami syok.

Kelima, rambut rontok selama masa kehamilan

Rambut rontok selama kehamilan memang tidak lazim terjadi karena biasanya kerontokan hanya terjadi pasca melahirkan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kerontokan dapat terjadi akibat tubuh mengalami syok berat. Kehamilan merupakan salah satu peristiwa yang menyebabkan tubuh syok dan karenanya menyebabkan rambut rontok.

Keenam, rambut rontok karena mengalami stress

Perlu juga anda mengetahuinya bahwa stress merupakan salah satu penyebab rambut menjadi rontok. Stress merupakan ancaman bagi tubuh, karenanya tubuh akan mengupayakan usaha terbesarnya untuk melindungi dirinya dari ancaman stress. Nah, rambut rontok secara berlebihan, luar biasa merupakan upaya tubuh untuk melawan ancaman stress. Namun, sampai sekarang belum diketahui juga apakah mengurangi stress dapat mengurangi tingkat kerontokan pada rambut anda.

Ketujuh, rambut rontok karena anemia

Pada poin ini jarang ada orang yang mengetahuinya bahwa penderita penyakit anemia akan beresiko mengalami kerontokan rambut. Rambut penderita anemia, akan kekurangan makanan yang cukup yang biasa didapatkannya dari tubuh sehingga berdampak pada rambut kusam, tidak mengkilat dan rontok. Namun, tak usah anda murung karenanya sebab hal ini dapat diatasi dengan serangkaian suplemen zat besi.

Iklan: klik pada gambar untuk info detil

 

Referensi:

http://penyebabrambutrontok.com
http://bidanku.com/rambut-rontok-pasca-melahirkan-berikut-penyebab-dan-tips-mengatasinya

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi (Mudah Didapat)

http://www.health.com/health/gallery/0,,20727114_2,00.html

2 thoughts on “Tidakkk!! Rambut rontok lagi!

    1. cara mencegahnya tergantung faktor penyebabnya mba. Misalnya, Kalau rontok akibat anemia, berarti harus memperbanyak konsumsi zat besi. dan kalu akibat kehamilan biasanya pakai sampo tertentu yang dapat mengobati rambut rontok, misalnya nature (berdasarkan pengalamn teman saya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s