Berbagi cerita tentang jerawat


jerawat

Saya hadir dikesempatan ini sekedar untuk berbagi cerita tentang jerawat, karena saya sangat berpengalaman soal jerawat. Perlu kita ketahui terlebih dahulu, pada dasarnya jerawat timbul karena penumpukkan minyak berlebih pada wajah yang kemudian ditempeli kotoran, debu, bakteri dan segala macam polutan di udara hingga muncul sebagai komedo dan puncaknya jerawat. Sampai sini paham kan??
Prinsip kedua, minyak berlebih pada wajah ataupun pengaruh hormon merupakan biang keladinya jerawat. Satu persatu akan kita bahas seperti di bawah ini :

1. Hormon

Contohnya, wanita yang sedang haid biasanya berjerawat, para remaja juga berjerawat. Pada wanita haid hormon estrogen dan testosteron akan berkembang. Nah, apabila hormon estrogen dan testosteron ini tak seimbang maka akan menimbulkan jerawat “lucu” di wajah. Pada remaja jerawat diakibatkan oleh pelepasan hormon – hormon tertentu yang bertugas membuat perubahan seksual yang ditandai dengan haid pada anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki – laki.

2. Makanan

Makanan apakah yang sebegitu hebatnya membuat wajah kita berjerawat? Makanan berminyak seperti gorengan dan makanan pedas seperti sambal yang secara otomatis memperburuk kadar minyak pada wajah. Ingat, prinsipnya minyak berlebih pada wajah menjadi pemicu jerawat.

3. Alergi
Jerawat alergi merupakan jenis alergi yang terjadi akibat seseorang mengkonsumsi makanan tertentu dan sebagai reaksi alergi muncullah jerawat. Diantara pemicu jerawat alergi adalah makanan sejenis gandum, terigu ataupun nasi putih. Ketiga makanan ini termasuk ke dalam golongan makanan karbohidrat sederhana, yaitu karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Jenis makanan karbohidrat sederhana ketika masuk ke tubuh akan di cerna tubuh secara cepat dan diubah menjadi glukosa sesegera mungkin setelah makanan masuk ke tubuh. Sampai disini dapat dimengerti kan?
Nah, dalam kasus saya, yaitu jerawat alergi, makanan seperti yang disebutkan di atas terlarang. Sebab, tak lama setelah saya konsumsi esok harinya muncullah jerawatjerawat lucu nan menggemaskan di wajah saya. Tidak penasaran mengapa ini terjadi? Ini terjadi karena “glukosa”. Glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan minyak pada wajah. Pada kasus orang yang alergi dengan nasi putih, terigu seperti saya, minyak dari glukosa akan diproduksi secara berlebihan sehingga akan menimbulkan jerawat. Alternatif dari nasi putih dapat digantikan dengan nasi merah ataupun kentang dan ini sangat cocok bagi anda yang berniat untuk diet. Kandungan karbohidrat yang rendah pada kentang dan nasi merah ampuh menurunkan berat badan tanpa anda harus merasa kelaparan. Juga, kandungan kalsium dan serat yang tinggi pada beras merah tentu sangat menyehatkan tubuh.

Referensi:
http://m.detik.com/health/read/2012/04/01/074606/1882126/766/ini-dia-yang-paling-sering-bikin-jerawat
http://infonutrisidankesehatan.blogspot.co.id/2014/02/karbohidrat-sederhana-dan-karbohidrat.html
http://www.smallcrab.com/seksualitas/1179-perubahan-fisik-pada-masa-pubertas-remaja-putri

3 thoughts on “Berbagi cerita tentang jerawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s