Ketahui Tipe Batuk Anda!


batuk, tipe batuk, jenis batuk, batuk tbc, batuk asma, batuk maag

Apabila akhir-akhir ini anda mengalami batuk-batuk yang tidak kunjung mereda, hingga berbulan-bulan atau mungkin bahkan tahunan maka jangan heran jika anda merasa tubuh anda kelelahan dan berat badan turun. Ini biasa terjadi pada orang yang menderita batuk intens. Tapi ini tak berarti anda tak memeriksakan diri ke dokter ya, karena anda tak pernah tau pasti batuk jenis apa yang diderita.

Contohnya, pada kasus seorang gadis SMA, bernama Mirna. Dia menderita batuk intens selama tahunan. Tubuhnya pun kurus dan sering sekali merasa kelelahan. Namun karena keterbatasan ekonomi ia pun tak pernah memeriksakan dirinya ke dokter. Sampai pada suatu ketika dari batuknya keluar lendir dengan bercak darah, Mira heran dan curiga ia menderita TBC. Orang tuanya mencari pinjaman uang kesana kemari demi meriksakan Mirna, anaknya, ke dokter spesialis. Setelah Mirna melakukan sejumlah tes, ternyata ia didiagnosis menderita batuk karena alergi dan darah yang keluar bersama lendirnya dikarenakan luka pada tenggorokannya.

Nah, dibawah ini terdapat beberapa jenis batuk yang disertai gejala darah, lendir, sesak, sesak nafas dan lain sebagainya.

Tipe Batuk berlendir: TBC

Gejala batuk ini disertai lendir. Selama lebih dari 3 minggu memang tak ada yang mencurigakan dari batuk berlendir ini. Tapi, anehnya gejala berikutnya batuk berlendir akan disertai dengan darah dan sesak nafas. Hmm…segerakan periksa diri ke dokter spesialis paru-paru dan mungkin anda akan diminta untuk melakukan tes darah. Selanjutnya akan didiagnosis, apakah anda menderita batuk karena tbc atau bukan.

Tipe batuk kering: Batuk tiga bulanan

Memang mencurigakan sih jika anda terus-menerus batuk selama tiga bulan lamanya. Berbagai resep dari dokter telah dicoba, tapi tak ada yang ampuh menyembuhkan batuk anda. Tak ada gejala lainnya selain tenggorokan anda terasa kering. Batuk kering ini disebut juga batuk tiga bulanan. Iya, batuk ini berlangsung selama tiga bulan lamanya loh. Setelah itu, anda akan sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan.

 –Tipe Batuk berlendir: alergi

Batuk tipe ini disertai gejala lendir putih. Batuk ini memang sulit berhenti apabila lingkungan anda berada di daerah dingin, terutama malam dan pagi, hari-hari anda akan sibuk dengan batuk. Yah, jika anda memeriksakan diri ke dokter spesialis, mungkin anda akan diberi obat anti alergi. Ini artinya batuk-batuk yang anda derita berasal dari alergi terhadap udara dingin. Untuk lebih meyakinkan, ada baiknya juga anda melaksanakan tes darah untuk mengetahui seberapa besar sifat alergi yang tumbuh dalam tubuh anda.

 -Tipe batuk kering: alergi

Tipe batuk ini cenderung kering. Jika anda mengeluhkan batuk-batuk, terkadang dengan frekuensi yang cukup intens, terkadang jarang. Maka, perhatikan setelah momen apakah anda biasanya akan batuk-batuk. Pada pengalaman beberapa orang teman, keluarga terdekat saya, batuk-batuk seperti ini akan berlangsung setelah penderita melakukan kegiatan yang membuatnya cukup kelelahan. Jangan heran juga jika anda juga terkadang merasakan sensasi sesak nafas atau asma. Tapi jangan khawatir ya, batuk ini akan lenyap setelah rasa lelah menghilang. Mungkin, anda dapat memeriksakannya ke dokter anda, apakah ini termasuk batuk alergi atau batuk karena yang lainnya?

 –Tipe batuk kering: maag

Tipe batuk ini biasanya akan disertai sakit maag kronis seraya sesak nafas. Apabila anda pergi ke dokter, mungkin anda akan didiagnosis menderita penyakit maag, bukan batuk karena batuk dan sesak nafas yang anda rasakan sebenarnya berasal dari maag kronis yang anda derita.

 Tipe batuk kering: kanker

Tipe batuk ini disertai gejala kelelahan, nyeri dada, sesak nafas, keluar darah dari mulut ketika batuk-batuk. Dilihat dari gejala umumnya, biasanya batuk-batuk seperti ini merupakan gejala penyakit kanker paru-paru. Maka segerakan diri menemui dokter. Juga, dokter mungkin akan memberikan tes darah pada anda dan sejumlah tes lainnya pada anda untuk memastikan penyakit yang diderita.

Referensi

Shaarot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s