Bukan Sejarah Kacamata


Bukan sejarah kacamata. Judul ini terbesit begitu saja di otak ketika saya memikirkan tema yang akan saya tulis. Saya ingin menuliskan tentang kacamata, tapi saya bingung. Entah apa yang harus ditulis. Lalu saya searching sana sini di google dan kebanyakan tema kacamata memuat tentang sajarah munculnya kacamata, penemu kacamata. Hmm…lalu apa yang akan saya tulis? Saya ingin menuliskan hal – hal berbau kacamata tapi sesuatu yang agak jarang ditulis dalam kebanyakan artikel. AHA!! Bentuk – bentuk kacamata! Semoga saja saya orang pertama yang menuliskan tentang ini. Ngarep.com

frame dan tangkai bahan tanduk

Negara pertama yang ingin saya tuju terkait kacamata adalaha Cina. Sebagai pengetahuan saja, Cina merupakan salah satu negara yang diklaim sebagai penemu kacamata, selain Itali.  Dahulu, kacamata di negara Cina digunakan untuk tujuan estetika. Supaya kelihatan berwibawa, berkelas. Juga digunakan para hakim di persidangan agar ekspresinya tak kelihatan di hadapan para saksi. Namun, pada perkembangan selanjutnya kacamata di negara Cina menjadi alat bantu penglihatan.

kacamata Eropa, princes nez.

Model kacamata seperti ini tidak memakai gagang yang dikaitkan ke kedua telinga. Model ini hanya menggunakan pengait di hidung. Jadi satu – satunya cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya ke tulang hidung dan tanpa terjatuh. Orang Eropa memiliki tulang hidung yang tinggi, sehingga memungkinkan bagi pemakainya menggunkan kacamata model Princes- nez tanpa terjatuh. Model kacamata Princes-nez berkembang pada abad 18 -an, 19-an di Eropa. Adapun bahan yang digunakan untuk framenya adalah kayu ataupun logam.

monocle

Ini dia kacamata Monocle. Berkembang di Jerman, Inggris. Kacamata model Monocle juga tak memakai gagang pengait ke telinga sebagaimana kacamata Princes-nez. Anehnya lagi hanya ada satu lensa yang digunakan. Kacamata Monocle memiliki bulatan kecil dibawahnya, fungsinya sebagai media untuk memasukkan tali yang biasanya terbuat dari bahan logam atau kawat. Lalu, ujung dari tali kawat atau logam ini dikaitkan ke pakaian. Pengguna kacamata Monocle adalah orang – orang kelas atas dan biasanya dipadukan dengan jas dan topi ala bangsawan Jerman, Inggris. Tapi, saya jadi penasaran bagaimana cara menggunakan kacamata Monocle . Penasaran? Cara menggunkannya adalah dengan melebarkan mata anda, menempelkan kacamata, setelah nempel sipitkan mata anda dan ini cukup melelahkan mata.

scissor glasses

Tak banyak yang dapat saya ceritakan tentang kacamata Scissor glasses. Kacamata Scissor glasses merupakan revolusi dari kacamata Monocle. Digunakan untuk mengatasi masalah jarak pandang jauh. Penggunanya kalangan atas yang lebih fasionable karna bentuk kacamata Monocle sering memiliki banyak ornamen untuk mempercantik tampilannya. Dilengkapi lubang kecil dibawahnya berfungsi untuk memasukkan tali, pita yang kemudian dikaitkan ke leher.

Kacamata Lorgnette

kacamata Lorgnette merupakan kacamata yang tak bergagang seperti yang anda lihat pada gambar. Namun, ia memiliki pegangan logam. Kacamata Lorgnete kebanyakan digunakan sebagai kacamata gaya. Bentuknya mengikuti perkembangan zaman, fashionable, unik serta banyak juga digunakan dalam acara pesta topeng. Mungkin, dari pesta topeng seperti inilah fungsinya berkembang lebih ke arah fashionable ketimbang fungsi membantu penglihatan. Perkembangan kacamata Lorgnette berikutnya adalah dengan munculnya kacamata opera.

kacamata opera

Saya merasa asing dengan kacamata opera. Saya jadi bertanya – tanya, apa fungsinya? Oke, saya akan memberi secuil pengetahuan yang saya baru ketahui tentang kacamata opera. Kacamata opera memiliki fungsi seperti teleskop, untuk memperbesar gambar. Lalu, mungkin muncul pertanyaan di benak kita, kenapa tidak pakai teleskop saja? Pertanyaan bagus. Kacamata opera dapat memperbesar objek, yaitu panggung teater, ekspresi wajah para pemain beserta gerakan mereka. Dengan kata lain, perbesaran kacamata opera memang dibuat pas untuk mengintai teater dan segala objek dan  unsur ekstrinsik yang ada di atas teater itu sendiri dengan perbesaran yang tetap. Teleskop tentu memiliki keunggulan lain, tapi tidak fit untuk menangkap teater dan segala objek dan  unsur ekstrinsik yang ada di atas teater itu sendiri. Perbesaran kacamata opera memang tidak dapat disetel sesuka kita, ia disetel dengan perbesaran  yang tetap tapi tetap menangkap keseluruhan objek.

kacamata modern

kacamata modern, kini multi fungsi, sebagai alat bantu penglihatan, juga sebagai media memenuhi fungsi estetik. Lazimnya kacamata  modern ini menggunakan lensa dari plastik, walau pun demikian penggunaan kaca sebagai lensa masih tetap dipertahankan. Namun, yang berbeda adalah dari segi ketahanan kaca atau plastik itu sendiri ketika terjatuh ataupun retak sehingga tidak membahayakan mata. Demi mempertahankan fungsi kacamata sebagai aksesoris fashion , toko – toko kacamata online ataupun  yang bertebaran di pasaran beramai – ramai menjual frame atau bingkai kacamata sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan selera fashion sendiri.

referensi

antiquespectacles.com/glossary/glossary.htm

babadalat.wordpress.com

jualframekacamatasofely.wordpress.com

wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s