Kanker dan Hadits Rosullullah


IMG-20131102-WA0002

Klik pada gambar iklan untuk melihat koleksi lengkapnya.

Kanker. Saya merasa ngilu melihat penderitaan para pengidap kanker. Saya berharap dan berdoa semoga itu tak pernah terjadi pada saya dan orang – orang tercinta sekitar saya. Amin. Namun, dibalik rasa ngilu yang dirasakan, rasa penasaran terus merongrong batin saya. Saya penasaran, apakah pandangan Islam tentang penyakit kanker. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang kaitan agama,kanker dan rasa penasaran. Mungkin, ini akan membuat orang bertanya – tanya keterkaitan ketiganya. “kok sempat mengkaitkan agama dengan kanker.” Iya betul, mungkin memang aneh. Tapi, begitulah kenyataannya. Saya bukanlah orang yang pintar dalam agama atau pun dalam bidang apapun. Namun, entah kenapa hati saya merasa sangat yakin bahwa Islam, agama yang saya anut ini adalah agama yang benar dan sempurna. Saking sempurnanya,  terpikir di benak saya pasti ada penjelasannya dalam islam, terkait penyakit kanker. Well… Alhamdulillah, saya menemukan apa yang saya cari. Dengan sedikit penelitian pustaka atau istilah kerennya studi pustaka, saya menemukan apa yang saya cari, kaitan antara hadits Rasulullah dan kanker.

Sebuah hadits  mutafaqun ‘alaih yang berarti disepakati  Bukhori dan Muslim atas keshahihannya berbunyi seperti ini: “Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat – rapat bejana –  bejana, tutuplah makanan dan minuman.”

Ini bagi saya mengejutkan, karena setelah saya searching sana sini, terdapat penelitian ilmiah terkait penyakit kanker. Terutama, ini membenarkan hadits rasulullah saw seperti yang  saya kutip di atas. Terbongkarlah fakta – fakta tentang kanker yang sebenarnya bukan baru, menurut saya, karena rasulullah orang pertama yang menyerukan ini 14 abad yang lalu. Menurut versi dunia pengetahuan modern yang didasarkan pada penelitian oleh Joan Robert, seorang ahli biologi, bahwa manusia memiliki hormon yang disebut melatonin. Produksi Hormon ini menurun ketika manusia terpapar cahaya dan meningkat ketika manusia tidur malam. Hormon ini juga berfungsi sebagai kekebalan tubuh serta mencegah penyakit kanker. Nah, mengerti kan maksudnya? Baiklah, akan saya perjelas lagi. Artinya, ketika anda tidur malam hari dengan kondisi lampu kamar dipadamkan, produksi melatonin akan lebih maksimal. Makna lainnya, matikan lampu ketika tidur malam hari untuk mencegah kanker.

Penelitian lainnya lagi oleh ilmuwan Inggris dan Israel, masih tentang kanker, bahwa ketika manusia tidur dengan kondisi lampu kamar menyala, akan memunculkan ekspresi berlebihan dari sel – sel terkait sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita Leukimia di London bahwa anak – anak yang tidur pada malam hari dengan kondisi lampu dinyalakan lebih besar kemungkinannya mengidap leukimia. Lynne Eldridge M.D, seorang praktisi kesehatan, juga berbicara tentang kanker bahwa 80 % wanita buta bebas dari kanker payudara, ini dikaitkan dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat karena kondisi matanya yang selalu gelap membuat produksi hormon melatonin lebih maksimal. Sehingga mereka terhindar dari kanker payudara.

Oke, sampai sini saya mendapat jawaban atas pertanyaan dalam batin saya ” Mengapa kebanyakan  anak – anak kampung atau orang – orang kampung lebih kuat daya tahan tubuhnya atau bahkan lebih panjang umur?” Salah satu jawabannya, karena kebanyakan dari mereka belum tersentuh listrik karena belum adanya modernisasi. Wallahu’alam. Allah yang lebih mengetahui segalanya.

Referensi

Al-Atsari, Abu Aqil. 2007. Hadits Muttafaqun ‘Alaihi?. Diperoleh 23 Januari 2014 dari http://alatsar.wordpress.com/2007/03/02/hadits-muttafaqun-alaihi/

Ario, R. Syarif. 2012. Keajaiban Hadits Rasul tentang Mematikan Lampu di Waktu Malam. Diperoleh 23 Januari 2014 dari http://zilzaal.blogspot.com/2012/07/riset-hadits-biologi-medis-tidur-dengan.html#.Ut9BN30xfMJ

Bersama Dakwah. 2013. Hikmah Medis di Balik Hadits Padamkan Lampu Jika Hendak Tidur. Diperoleh 23 Januari 2014 dari http://www.bersamadakwah.com/2013/09/hikmah-medis-di-balik-hadits-padamkan.html

Grup Berita Formosa. tanpa tahun. Kelenjar Pineal yang Gaib. Diperoleh 23 Januari 2014 dari http://www.godsdirectcontact.or.id/mewarnai/Kelenjar-Pineal-yang-Gaib.htm

Tinggalkan Balasan

