Jerawat?? Tak hanya soal Makanan Berminyak


zinc treatment

Anda tak asing dengan kata ‘jerawat’ kan? Lalu apa yang terpikir dalam otak kita ketika mendengar kata ‘jerawat?’ Sepengetahuan saya, kata ‘jerawat’ identik dengan ‘kulit kusam, berminyak, kotor, flek hitam, dan sebagainya.’

Secara psikologis, ‘jerawat’ bisa berarti tidak percaya diri, minder, merasa jelek, merasa banyak diperhatikan orang banyak dan lain—lain. Banyak cara dilakukan agar si jerawat ini musnah selamanya dari wajah anda. Pada akhirnya, banyak orang melarikan diri dengan pengobatan secara cepat dan membutuhkan budget yang tidak biasa. Bisa jadi pergi ke dokter kulit, perawatan kulit dan kecantikan di salon, sampai pengobatan jerawat ala nenek moyang.

Menurut pengalaman teman-teman disekitar saya, diantara mereka ada yang  sembuh dalam waktu beberapa bulan, ada yang tahunan, ada yang menjadi ketergantungan dengan resep dokter, dan masih banyak lagi kasus yang saya temui dilapangan.

Saya hanya ingin berbagi pengetahuan dengan para pembaca blog bahwa kita harus memperhatikan menu makan sehari-hari, karena bisa jadi kekurangan menu makan tertentu menjadi penyebab utama jerawat.

Menu seperti makan berminyak, gorengan, kurang minum air putih mungkin bisa jadi memang penyebab jerawat tumbuh subur. Tapi, tahukah anda bahwa kekurangan zat zinc (seng) dalam tubuh bisa jadi menjadi penyebab utama jerawat di wajah anda. Sehingga hanya dengan memenuhi kekurangan ini, tanpa harus ke dokter, wajah anda kembali mulus seperti jalan tol.

Zinc, merupakan salah satu zat yang dapat mengatasi minyak berlebih di wajah. Cara kerja zinc ayitu melalui hormone. Jadi, ketika anda sedang mengalami masa puber, terjadilah gejolak hormone tertentu di masa puberitas ini yang menyebabkan  jerawat bermunculan. Soal ini saya lewati saja. Saya akan lebih fokus pada masa setelah puber. Ada beberapa orang tertentu yang masih saja dikerumuni jerawat diwajahnya, ketika masa puberitasnya telah lewat. Mengapa? Salah satu jawabannya adalah karena ketidakseimbangan hormone. Jadi, ketika hormone menjadi tak seimbang, terjadilah gejolak ekresi dari dalam tubuh yang menyebabkan kelebihan pembuangan kotoran tubuh. Misalnya, keringat, minyak. Nah, minyak, keringat menjadi makan bakteri dan jamur, lalu timbullah jerawat..

Mengkonsumsi makanan mengandung zinc, dapat membantu anda mengatasi ketidakseimbangan hormone dan kelebihan minyak di wajah sehingga mengurangi atau dapat menggatasi jerawat di wajah.  Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang berjerawat subur memiliki tingkat zinc dibawah normal. Ada pula orang yang menjadi mengalami masalah metabolism, masalah gangguan pencernaan di lambung ketika tubuhnya kekurangan zinc.

Nah, kembali ke masalah jerawat. Zat zinc dapat diperoleh melalui makanan seperti susu (tapi konsumsi susu tak boleh berlebihan karena efeknya bisa jadi pengapuran), keju, kacang-kacangan, tiram, daging sapi, biji-bijian, bayam, dan sebagainya.

Jika anda merasa mengalami gangguan metabolisme, gangguan pencernaan ditambah wajah berjerawat, bisa jadi anda memang kekurangan asupan zinc dalam tubuh. Jadi mengkonsumsi zinc boleh dicoba. Tapi, jika memang tak berhasil mungkin ada penyebab lainnya yang belum diketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Produk di sharot.wordpress.com (lihat header/kepala blog, lalu pilih salah satu produk)

Sumber

kuliah singkat

http://www.indomedika.com

http://agusantoso.wordpress.com

http://bumbata.com/2831/tips-seng-4-sumber-makanan-yang-mengandung-banyak-zinc/#axzz2DDfxnql6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s