Tips cantik tanpa ke salon


Cantik tak selalu harus mahal. Membeli kosmetik mahal, pembersih wajah yang belum tentu cocok dengan kulit kita, pergi ke salon untuk perawatan, dan sebagainya. Cantik milik semua orang, wanita dan juga pria. Merawat kesehatan wajah bagi pria dianggap tabu, karena dianggap tidak jantan, bencong, feminin. Hmmm…tidak begitu seharusnya, karena kesehatan adalah anugrah yang harus dipelihara dan anugrah itu milik semua orang, tanpa kecuali.

Ada sedikit hal yang ingin saya bahas mengenai kulit wajah dan perawatannya. Kulit wajah beradaptasi sesuai dengan pola hidup kita. karena, ketika dilahirkan semua bayi dalam kondisi kulit yang sehat dan normal. Nah, ketika dewasa, kulit manusia beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan termasuk ada pengaruh dari gen bawaan orang tua.

Masalah gen, memang tak dapat kita atasi dengan mudah, karena orang kita bilang ’emang dari sono-nya udah gini’. Kalau dah begitu cara yang paling ampuh adalah menghindari penyebabnya. Seperti halnya orang yang terlahir dengan kulit wajah berminyak, kering, jerawat batu, dan sebagainya. Si pemilik kulit berminyak, harus memulai hidup sehat dengan makanan bebas lemak, minyak, pedas, banyak minum air putih. Lalu, bagaimana dengan si pemilik kulit kering? perbanyak makan sayuran, makanan mengandung vitamin c dan E, dan banyak minum air putih. bagaimana dengan si pemilik kulit berjerawat bawaan?…hanya dua hal yang saya ketahui, banyak minum air putih, perawatan wajah dengan masker jeruk nipis dan untuk pengetahuan lebih detail silahkan konsultasi dengan dokter.

Tadi kita membahas sedikit dari segi perawatan dari dalam. Berikut ini adalah perawatan dari luar.

  • masker wajah
    • kulit berminyak, cara 1:
      • masker jeruk nipis setiap pagi dan mau tidur. Ini berfungsi sebagai pembersih pori-pori dari minyak dan komedo
      • masker mentimun berfungsi untuk penyegar dan menutup pori-pori
    • kulit berminyak, cara 2:
      • sebelum tidur basuh wajah dengan air hangat yang dicampur garam. Fungsinya sama dengan perawatan dengan masker jeruk nipis.
      • lalu basuh lagi wajah dengan air es untuk menutup pori-pori yang membesar akibat dibasuh air hangat.
    • kulit kering:
      • masker minyak zaitun dicampur madu penggunaannya setelah dan sebelum bangun tidur, atau
      • masker alpukat penggunaannya setelah dan sebelum bangun tidur
    • kulit normal:
      • masker apa saja boleh karena kulitnya normal tanpa masalah. Tapi biasanya kulit normal menggunakan masker tomat untuk menjaga warna kulit tetap segar.
  • scrubbing
    menggunakan kopi yang dicampur madu. penggunaannya seminggu dua kali dan tidak lebih. Scrubbing dilakukan dengan cara meggosokkan campuran bubuk kopi dari bawah ke atas, agar kulit tidak mengendur serta dilakukan secara perlahan agar kulit tidak iritasi. Ini sangat efektif mengusir komedo dan mengelupas sel kulit mati. Pada dasarnya kulit manusia remaja melakukan pengelupasan sendiri dalan jarak waktu tertentu. Namun, menjelang usia 30-an pengelupasan sel kulit mati menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, kita membantu pengelupasan ini dengan scrubbing. Tapi kita juga harus hati-hati dan cukup melakukannnya seminggu 2 kali.

Catatan penting, bahwa kondisi darah dan pola buang air besar sedikit banyaknya mempengaruhi kondisi kulit dan jerawat. Ada sebuah pengalaman menarik dari seorang teman saya. Wajahnya berjerawat, kulitnya berminyak. Setelah dia berkonsultasi dan terapi ke pengobatan herbal, ternyata terungkap bahwa masalah kulitnya bersumber dari pola buang air besarnya yang jarang sekali. Ini membuat darahnya kotor dan berpengaruh terhadap kesehatan kulitnya. Setelah dia melakukan terapi dan pola buang air besarnya teratur, alhamdulillah jerawat dan kulit berminyak kabur.!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s