Tips dan Trik Cara Memakai Shawl


Sebagai perhatian bagi kaum wanita yang berjilbab mengenai kerudung dengan sanggul alias cepol sebagai fashion yang lagi booming di tahun 2012 ini, maka ada beberapa tanggapan ulama mengenai jilbab bersanggul, ada yang pro dan kontra. Ulama yang membolehkan jilbab bersanggul beralasan bahwa    hal itu wajar, karena wanita berambut panjang harus menggelung rambutnya ketika ber jilbab, dan itu tidak melebih-lebihkan dalam penampilan, karena yang penting auratnya ditutup. Namun, saya belum menemukan hadits tentang pendapat yang pro ini.

Ulama yang kontra mengambil hadits sebagai dasar tidak bolehnya wanita berjilbab menggunakan sanggul. Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam dalam sabdanya :

“Akan ada di akhir umatku kaum lelaki yang menunggang pelana seperti layaknya kaum lelaki, mereka turun di depan pintu-pintu masjid, wanita-wanita mereka berpakaian (tetapi) telanjang, di atas kepala mereka (terdapat sesuatu) seperti punuk onta yang lemah gemulai. Laknatlah mereka!, sesungguhnya mereka adalah wanita-wanita terlaknat.” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (2/233)).

“Dua kelompok termasuk penghuni Neraka, aku (sendiri) belum pernah melihat mereka, yaitu orang-orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi, dengannya mereka mencambuki manusia dan para wanita yang berpakaian (tetapi) telanjang, bergoyang-goyang dan berlenggak-lenggok, kepala mereka (ada sesuatu) seperti punuk onta yang bergoyang-goyang. Mereka tentu tidak akan masuk Surga, bahkan tidak akan mendapatkan baunya. Dan sesungguhnya bau Surga itu tercium dari perjalanan sekian dan sekian. (Hadits riwayat Muslim, hadits nomor : 2128)

Realitas masyarakat hari ini berkenaan dengan sanggul yaitu banyak wanita yang berjilbab ataupun tidak berjilbab memakai sanggul di kepala yang digambarkan Rosullulah dalam hadits di atas seperti bonggol onta.  Wallahu a’lam

Oleh karena itu, saya pribadi lebih memilih tidak memakai sanggul untuk kehati-hatian. Berhubung saya juga belum menemukan hadits bagi pendapat yang pro sanggul.

REFERENSI

dari berbagai sumber di youtube

http://krudungparis.multiply.com

 

2 thoughts on “Tips dan Trik Cara Memakai Shawl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s