Jaga Kesehatan Mata Yuk!


Mata adalah jendela dunia. Mengapa demikian? Karena tanpa mata, bagaiman mungkin seorang akuntan dapat melihat dan menghitung angka-angka, tanpa mata bagaimana mungkin kita dapat melihat pemandangan indah, tanpa mata bagaimana mungkin seorang programmer dapat membuat rumus-rumus rumit, tanpa mata akan sulit bagi seorang penulis berkarya, tanpa mata akan sulit bagi kita untuk membaca, dll. Dengan demikian, mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati. Dengan menyebut nama Allah berikut saya rangkum tips-tips untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

1. Bagi anda pengguna komputer mania, saya sarankan ganti komputer anda dengan yang berlayar lcd. Layar lcd memiliki tingkat radiasi yang keciL, sehingga mata anda tidak mudah kering.

2. Bagi yang berkutat di area ber-ac, hati-hati karena ac membuat penguapan cairan mata menjadi lebih besar. Maka perseringlah berkedip untuk melembabkan mata.

3. Bagi kalian yang berprofesi sebagai programmer, akuntan, atau apapun yang mengharuskan anda nongkrong di depan  komputer all the time, maka sambil nongkrong selingi dengan relaksasi mata. caranya cukup dengan berkedip, melihat jarak jauh, melihat pemandangan hijau. Dengan begitu mata tidak akan kekurangan cairan yang biasanya membuat mata jadi perih.

4.Konsumsi vitamin A dari makanan yang alami untuk membuat kerja retina maksimal. Jangan salah, vitamin A bukan obat untuk minus. Sebagai tambahan dan perhatian, menurut artikel yang saya baca pada usia dewasa minus mata tidak akan bertambah.

5.Bagi penguna softlens gunakan merek yang direkomendasikan dokter. Karena merek yang asal-asalan dapat membuat mata iritasi seperti rasa gatal,perih dan lama-lama kornea mata anda bisa infeksi.

6.Bagi yang punya anak, perhatikan gejala penyakit mata yang mungkin timbul. Penyakit mata pada anak-anak harus segera ditindak lanjuti, karena perkembangan mata pada anak akan berakhir mata usia 6 tahun.

7.Bagi yang beragama islam, pasti mengetahui bahwa nabi kita Muhammad SAW memakai celak mata. Maka, ikutilah sunnah ini karena ternyata celak mata memiliki dampak positif bagi kesehatan. Tapi, jangan sembarangan. Celak mata yang dipakai nabi kita berasal dari itsmid. Berikut ini kutipan yang saya pinjam tentang celak mata.

Ibnu Abbas meriwayatkan dari Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda:

خَيْرُ أَكْحَالِكُمُ الْإِثْمِدُ. إِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعَرَ.

“Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.”
Ibnu Abbas juga meriwayatkan, bahwasanya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam dahulu selalu bercelak dengan itsmid setiap malam menjelang tidur sebanyak tiga kali oles pada masing-masing mata. Beliau mempunyai tempat celak yang beliau gunakan setiap malam; tiga kali di bagian ini; dan tiga kali di bagian ini.”
Sementara Anas meriwayatkan, bahwasanya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wasallam suka bercelak dengan itsmid sebanyak tiga kali di mata sebelah kanan dan dua kali di mata sebelah kiri.”
Ia juga meriwayatkan, bahwasanya beliau pernah menyuruh bercelak dengan itsmid yang dicampur dengan minyak misik (kesturi) menjelang tidur. Dan beliau bersabda, “Orang yang berpuasa hendaknya menghindarinya.”
Celak berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat cahaya penglihatan, menjernihkan pandangan mata, dan melembutkan materi yang busuk serta mengeluarkannya. Menggunakan celak menjelang tidur akan lebih baik karena tidak adanya gerakan (aktivitas) yang berbahaya dan terbantu oleh tabi’ah (alam). Dan celak jenis tertentu bisa digunakan sebagai kosmetik.
Itsmid adalah batu celak berwarna hitam. Jenis yang terbaik berasal dari Asfahan. Tetapi juga ada yang datang dari barat. Itsmid yang terbaik adalah yang mudah pecah, pecahannya berkilauan (gemerlap), bagian dalamnya halus, dan tidak kotor. Ia memiliki karakter dingin-kering. Ia sangat berguna bagi mata. Ia dapat menguatkan mata, mengencangkan syaraf-syarafnya, dan menjaga kesehatannya. Ia juga dapat menghilangkan daging yang tumbuh di dalam bisul, menyembuhkannya, membersihkan kotoran-kotorannya dan mengeluarkannya. Dan ia juga bisa menghilangkan pusing (sakit kepala) jika dicampur dengan madu cair yang halus dan digunakan untuk bercelak. Itsmid adalah celak mata terbaik. Terutama bagi orang-orang tua dan orang-orang yang penglihatannya lemah. Caranya dicampur dengan sedikit misik. Dan jika ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit lemah segar lalu dioleskan pada luka bakar, maka tidak akan timbul khasykarisyah dan membantu mengatasi flek-flek yang ditimbulkannya. (Dikutip dari http://pustakaalbayaty.wordpress.com/2009/06/03/faedah-faedah-celak/)

8. Lakukan senam mata. Tahukah anda bahwa senam mata bermanfaat untuk mengurangi/menghilangkan keriput sekitar mata, menghilangkan kantong mata,mencegah kanker mata dan kanker di kelenjar hipofisis, seeta mempertajam penglihatan. Cara senam mata dapat dibaca sebagai berikut ini:

  • Gerakan bola mata ke atas -bawah setiap hari 5-10 kali. Ingat, secara perlahan ya.
  •  Gerakan bola mata ke kiri-kanan.
  • Gerakan bola mata ke atas, lalu tahan. Selanjutnya gerakkan ke kiri-kanan atas.
  • Gerakan bola mata ke bawah, lalu tahan. Selanjutnya gerakkan ke kiri-kanan bawah.
  • Gerakan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan. Mulai dari sudut kanan atas ke bawah kiri dan sebaliknya. Lakukan secar selang- seling.
  • Putar bola mata ke kiri searah jarum jam dan putar ke kanan berlawanan arah jarum jam. Ingat, pada hendak memutar ke kanan (setelah selesai dengan arah kiri), mata harus istirahat dulu, yakni dengan memejamkan mata selama 5-10 menit.
  • lakukan semua gerakkan ini  5-10 kali dalam sehari.

sumber:

solusisehat.net

matasehat.wordpress.com

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s