Tips rambut tebal,sehat, dan alis tebal


Rambut adalah mahkota, itu adalah ungkapan yang klise tapi memang kenyataannya begitu.  Pusing juga bila rambut yang sehat dan tergerai indah tiba-tiba bermasalah seperti berketombe, rontok dan sebagainya.  Berikut ini beberapa tips merawat rambut secara sederhana tanpa harus keluar uang banyak untuk pergi ke salon, yang penting adalah kesabaran dan ketelatenan.

KONDISIONER

Dengan daun waru

Cucilah beberapa lembar daun waru, remas-remas dengan sedikit air sampai halus. Setelah disaring usapkan secara merata pada rambut yang sudah dikeramasi sebelumnya. Biarkan beberapa menit, hasilnya akan terasa setelah kering.

Dengan kulit semangka

Setelah makan buah semangka, jangan buang kulitnya.  Gosokkan  daging kulit semangka (bagian yang putih setelah dagingnya yang merah habis kamu makan) pada kulit kepala.  Lakukan seminggu sekali, sehari sebelum keramas.

CEGAH UBAN

Dengan putih telur

Sediakan putih telur ayam kampung tiga butir, air bersih 1/2 gelas dan garam halus 1/2 sendok teh.  Putih telur dicampur dengan air dan diaduk sampai rata.  Masukkan garam halus juga diaduk.  Larutan ini diusapkan pada kulit kepala sampai rata sambil dipijit-pijit.  Biarkan 2-3 jam, selanjutnya keramas seperti biasa.  Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Dengan kikil

kikil atau kulit sapi/kerbau (jawa=krecek) yang basah dimasak model sambal goreng atau cara yang lain.  Gunakan sebagai camilan atau lauk makan.  Selain dapat mencegah timbulnya uban , kikil juga berkhasiat untuk memperkuat tulang dan mengencangkan kulit.

Dengan biji pepaya

Pepaya yang sudah masak dibelah.  Ambil bijinya sebanyak 2 sendok makan dan goreng sampai hangus.  Kemudian ditumbuk sampai halus.  Campur dengan minyak kelapa dan diaduk sampai merata ( Ingat , dengan minyak kelapa jangan dengan minyak sawit).  Oleskan pada rambut beruban, biarkan sekitar 2 jam.  Selanjtnya keramas biasa memakai sampo.  Lakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Dengan daun rambutan

Caranya sama seperti dengan biji pepaya.  Daun rambutan 10-20 lembar dibakar sampai hangus kemudian ditumbuk sampai halus.  Setelah itu ditampung dalam gelas lalu diberi sedikit air lalu dioles merata pada rambut beruban.  Diamkan selama 2 jam lalu keramas seperti biasa.  Lakukan paling tidak 1 kali seminggu.

Dengan daun mangkokan

Siapkan minyak kelapa 1/2 liter ( bukan minyak sawit) , ambil 15-20 helai daun mangkokan yang muda atau tidak terlalu tua.  Iris tipis-tipis lalu goreng dalam 1/2 liter minyak tadi, usahakan jangan sampai gosong.  Angkat daun dan minyak didinginkan selanjutnya disaring.  Oleskan minyak bekas menggoreng pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama 1 jam setelah itu keramas seperti biasa.

Dengan kelapa hijau

Air kelapa hijau dicampur dengan santan kelapa muda lalu tambah dengan sedikit garam, embunkan air itu selama semalam lalu paginya gunakan sebagai bahan keramas.  Lakukan selama 7 hari berturut-turut.

MENGATASI KETOMBE

Dengan daun seledri

Ambil daun seledri 5 helai, daun kangkung 5 batang, garam dapur 1 sendok teh, air bersih 1 gelas.  Seledri, kangkung, garam dijadikan satu lalu ditumbuk sampai halus.  Masukkan dalam segelas air lalu disaring.  Keramaslah dengan ramuan ini.  Diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa.  Lakukan rutin sampai ketombe jablas.

Dengan jeruk nipis

Satu butir jeruk nipis dan airnya dioleskan padakepala yang berketombe.  Biarkan selama20-30 menit kemudian dikeramasi seperti biasa.  Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Dengan nanas

@Buah nanas dibelah menjadi dua.  Ambil separuhnya kemudian digosok-gosokkan pada kulit kepala yang berketombe selama lima menit, kemudian biarkan beberapa saat, lalu keramas seperti biasa.

@Buah nanas muda diparut lalu disaring, diamkan airnya selama 2 jam setelah itu gunakan untuk keramas

Dengan daun pandan

Ambil 10 lembar daun pandan wangi lalu tumbuk sampai halus dan beri air bersih 2 gelas lalu saringlah.  Air saringan ini digunakan untuk keramas.  Diamkan selama 15 menit  kemudian dicuci dengan air bersih.  Lakukan dengan rutin niscaya ketombe akan sirna.

Dengan jerami

Seikat jerami padi (merang) dibakar, setelah dibakar hingga merata lalu beri dengan 1 gayung air bersih lalu diamkan selama sehari semalam, pagi harinya gunakan air yang bercampur bakaran jerami padi itu untuk keramas.

Dengan santan kelapa, nanas dn jeruk nipis

1/2 cangkir santan kelapa, 1 cangkir air parutan nanas dan 1 cangkir jeruk nipis dicampur menjadi satu kemudian keramas dengan bahan tersebut, setelah itu cuci dengan menggunakan air biasa.

MENGATASI KERONTOKAN

Dengan daun kapuk

Ambil 2 genggam daun kapuk randu.  Rebus sampai mendidih.  Hasil rebusan diembunkan di tempat terbuka selama semalam.  Pagi harinya air itu digosok-gosokkan pada kulit kepala.  Biarkan beberapa saat kemudian dikeramasi.  Lakukan setiap hari.

Dengan kecambah kacang hijau

Jika rambut mengalami kerontokan, makanlah secara teratur kecambah kacang hijau atau kecambah kedelai setiap hari sebagai lalapan.  Lebih baik bila kecambah dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.  Lakukan lalap kecambah ini selama 2 bulan

Dengan biji kemiri

Biji kemiri ditumbuk sampai halus kemudian diberi air.  Setelah itu direbus sampai mengeluarkan minyak.  Minyak kemiri inilah yang digosokkan  pada kulit kepala, biarkan meresap pada pori-pori kulit kepala.  Lakukan 3 kali seminggu.

Dengan lidah buaya

Inilah rajanya tanaman perawatan rambut.  Ambil satu daun lidah buaya yang sudah cukup tua, lalu ambil dagingnya dan usap-usapkan pada kulit kepala.  Biarakan selama 10-15 menit setelah itu baru dikeramasi seperti biasa.  Lakukan dengan rutin.

UNTUK RAMBUT TIPIS

Keramas menggunakan air kelapa 1/2 tua (tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda) secara rutin sehingga rambut lama-kelamaan akan tumbuh subur kembali.

UNTUK RAMBUT BOTAK

Memang cukup sulit untuk mengatasi rambut yang sudah telanjur botak apalagi bila sudah tidak terdapat kulit ari tempat menempelnya rambut (kulit kepala licin berkilau), namun dengan bahan ini mudah-mudahan bisa membantu.  Ambil telur udang (bisa dicari di pasar tradisional) kemudian gosok-gosokkan pada kulit kepala, sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama semalan lalu keesokan harinya keramas seperti biasa, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

AGAR RAMBUT MUDAH DIATUR

Dengan madu

Ramuan dengan madu ini tidak hanya mengatasi rambut yang tidak mudah diatur aja tetapi juga sekaligus untuk mengatasi rambut yang kasar dan kusam.  Berikut caranya, ambil madu secukupnya lalu oleskan merata pada rambut sambil dipijat-pijat.  Biarkan kira-kira 2 jam lalu keramas biasa dengan sampoo dan bilas sampai bersih.  Perawatan ini cukup dilakukan seminggu sekali. Tunggu hasilnya, rambut akan mudah diatur sekaligus lembut dan berkilau.

MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT

Hari gini miara kutu rambut??? Nggak banget deh.  Namun jika kamu masih mengalaminya gak perlu malu, cara ini boleh dicoba.  Ambil 10 biji bawag merah, cuci bersih dan parut.  Setelah itu bungkus bawang yang sudah diparut dengan kain dan ikat yang kuat membentuk bulatan.  Selanjutnya usapkan bulatan bawang merah berbungkus kain itu secara merata pada rambut.  Setelah semua bagian rambut  rata terkena usapan parutan bawang merah, bungkus rmbut dengan handuk selama semalam dan pada pagi harinya keramaslah hingga 3 kali.  Semoga peliharaan yang tidak diinginkan segera lenyap dari rambut kamu.  Pengulangan keramas hingga 3 kali dimaksudkan untuk menghilangkan bau bawang merah dan juga sekaligus membersihkan dari kutu rambut yang sudah mati bersama telur-telurnya.

MENEBALKAN ALIS

Alis juga merupakan bagian dari rambut yang juga perlu kita beri perawatan.  Jika memang tipis dan bentuknya kurang menarik, jangan buru-buru dicukur lalu dibentuk dengan pensil alis.  Kita bisa membuatnya menjadi lebih tebal dengan sedikit usaha yang akan menghasilkan alis yang aduhai.

Dengan cengkih

Ambil 15 -20 biji cengkih lalu goreng tanpa memakai minyak (disangrai) hingga hangus benar alias gosong.  Tumbuk cengkih hingga halus lalu masukkan ke dalam botol kecil.  Cara pemakaian yaitu dengan memakai cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam air, setelah itu masukkan ke dalam botol yang berisi bubuk cengkih tadi hingga menempel pada kapas cotton bud.  Selanjutnya oleskan merata pada alis sesuai bentuk yng dikehendaki.  Lakukan rutin menjelang tidur maka alis akan tebal dan bagus.

sumber: http://sumbertips.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s